Kanker masih menjadi penyakit yang menakutkan bagi hampir semua orang, khususnya wanita.  Ya, karena dengan kondisi tubuhnya, kanker cenderung lebih banyak menyerang wanita, tak terkecuali kanker payudara.  Sebuah kanker yang tumbuh karena sel-sel pada payudara tumbuh melebihi normal dengan kecepatan pembelahan diri luar biasa.  Oleh karena itu, wanita harus mnegetahui gejalanya agar lebih mudah melakukan pengobatan dan perawatan kanker payudara.  Gejala  kanker payudara yang umumnya tidak dirasakan.  Namun, jika diketahui sejak dini akan mempermudah pengobatan.

Beberapa gejala dini kanker payudara tersebut, yaitu:

  1. Benjolan di Payudara

Benjolan di payudara atau ketiak merupakan tanda awal kanker payudara.  Pada beberapa orang benjolan tidak terasa sakit.  Sementara beberapa lainnya merasa sakit seperti ditusuk duri.  Deteksi benjolan dengan mengangkat lengan tinggi-tingi sementara lengan lainnya meraba sekitar payudara.  Lakukan secara bergantian pada kedua payudara.  Jika Anda berkesempatan, mammogram mendeteksi kanker ini jauh sebelum benjolan timbul.

  1. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Kelenjar getah bening menghasilkan sel darah putih yang beraksi ketika ada perubahan dalam sel tubuh.  Kelenjar getah bening yang bengkak di ketiak menunjukkan adanya sesuatu di sel tubuh sekitarnya.  Jika Anda tidak merasa sakit, ada kemungkinan pembengkakan  terjadi karena kanker.

  1. Perubahan pada Payudara

Kanker menyebabkan ukuran, kontur, dan tekstur payudara berubah.  Ukurannya mnejadi lebih besar.  Sedangkan kontur dan tekstur payudara yang seperti kulit jeruk menunjukkan kanker stadium lanjut.

  1. Perubahaan Pada Puting

Pada stadium selanjutnya, puting ikut mengalami perubahan.  Puting susu yang keluar akan tertarik ke dalam atau terjadi sebaliknya.  Selain itu, puting mungkin akan terasa gatal, ruam, dan panas seperti terbakar.

  1. Kelaurnya Cairan dari Payudara

Dalam kondisi tidak menyusui terkadang keluar cairan dari payudara.  Jika cairan yang keluar bening atau seperti susu, umumnya karena peradangan atau lainnya.  Kanker payudara ditandai dengan keluarnya darah atau cairan hitam pekat dari payudara.

Demikian tentang gejala kanker payudara.  Untuk informasi lebih lengkap tentang penyakit mematikan ini, Anda dapat mengunjungi https://www.guesehat.com/. Pengobatan lebih awal dapat dilakukan dengan berbagai cara yang ditawarkan medis dan alternatif sebelum kanker menyebar ke organ tubuh penting lain.

Semoga bermanfaat dan salam sehat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here