Es Krim Ragusa Italia – Bagi pecinta es krim, kalian wajib berkunjung ke kedai Es Krim Ragusa Italia. Kedai ini lokasinya tak jauh dari Masjid Istiqlal, Gambir, Jakarta Pusat. Tepatnya di Jalan Veteran 1 No. 10.

Kedai yang usianya sudah tak muda lagi ini berdiri sebelum Indonesia merdeka lho, yaitu sejak 1932. Pendirinya adalah dua bersaudara berkebangsaan Italia, Luigie Ragusa dan Vincenzo Ragusa. Maka dari itu tidak aneh kalau nama kedai ini identik dengan nama dan negara asal pendirinya.

Es Krim Ragusa Italia tampak depan
Es Krim Ragusa Italia Tampak Depan [pojoknyamnyam.blogspot.com]

Es Krim Ragusa Italia ini memiliki sejarah yang panjang dan menjadi bisnis turun temurun. Sekarang, kedai ini dimiliki dan dikelola Ibu Sias Marwani. Saya sempat bertemu sekali dengan Ibu Sias ketika berkunjung dan mencicipi es krim Ragusa. Sayangnya, saya tak sempat berbincang dengannya.

Desain Tempat yang Unik

Dari awal berdiri, pemilik dan pengelola tak banyak mengubah desain bangunannya. Jika kamu melangkahkan kaki ke dalam kedai, maka yang akan kamu temui bangunan klasik yang di bagian tembok kiri dan kanannya terdapat lukisan perjalanan Es Krim Ragusa Italia.

Susana di Es Krim Ragusa Italia
Suasana di Es Krim Ragusa Italia [rosnahindarti.com]

Lukisan-lukisan itu memberi informasi dan pengetahuan pada pengunjung yang datang ke kedai itu, tentunya juga membuat interior ruangan berkesan vintage dan romantis.  menambah pengetahuan dan tentunya menambah kesan romantis, apalagi jika kamu datang bersama pasangan. Ah, nyaman banget pokoknya. Oh ya, di kedai ini kamu juga bisa melihat seorang pengamen yang menyanyikan lagu-lagu oldschool.

Bagi kaum milenial, lagu-lagu tersebut mungkin terasa asing karena belum atau jarang mendengarnya, seperti saya yang juga kurang paham dengan lagu-lagu oldschool. Namun teman saya yang kebetulan datang bersama saya ternyata cukup mengenal lagu yang dinyanyikan pengamen setengah baya itu karena ayahnya sering mendengarkan lagu- lagu sejenis.

Menu Es Krim Ragusa Italia

Di kedai ini, ada tujuh rasa es krim utama yang bisa jadi pilihan, yaitu cokelat, vanila, mocca, stroberi, durian, nougat dan rum raisin. Keunggulan es krim Ragusa terletak pada keaslian bahan baku yang digunakan dan tidak berbahan pengawet. Ini tentu saja membedakan kualitas es krim Ragusa dengan es krim yang dijual di pasaran. Untuk bisa menikmati satu porsi es krim di sini, kamu cukup mengeluarkan uang antara dua puluh hingga tiga puluh lima ribu rupiah saja.

Es Krim Ragusa Italia
[setara.net]

Rasa Manis yang Pas

Saya bukan seorang yang ahli menilai rasa es krim. Bagi saya, namanya es krim ya kurang lebih sama. Tetapi ketika berkunjung ke kedai ini untuk pertama kali dan memesan chocolate sundae, saya dibuat terpukau. Rasa es krimnya ramah di lidah. Manisnya juga pas. Pokoknya lezat, deh. Kamu wajib mencobanya sendiri untuk tahu selezat apa es krim Ragusa ini.

Penghargaan

Kedai es krim Ragusa ini pernah mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) pada 2012 lalu, sebagai kedai es krim tertua di Indonesia yang masih beroperasi hingga sekarang. Bayangkan saja, sudah berapa zaman dan melalui berapa banyak peristiwa sejak berdiri di tahun 1932 hingga sekarang. Dari zaman Belanda, Jepang hingga Indonesia merdeka, kedai ini masih kokoh bertahan.

Note: Kedai ini buka dari pukul 10 pagi hingga 10 malam. Jika kamu ingin datang ke tempat ini, saya sarankan untuk datang di hari biasa agar bisa menikmati es krim yang lezat dengan tenang dan nyaman. Pada hari libur atau weekend, tempat ini sangat ramai dan dijamin kamu tak akan kebagian tempat duduk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here